Komputer Tercepat di Dunia : Titan
doni septu 02/11/2012 4

Ilmuwan di Laboratorium Nasional Oak Ridge (ORNL) di negara bagian Tennessee, Amerika Serikat, baru saja meluncurkan komputer baru bernama Titan, komputer tercepat di dunia.

Titan mampu menghitung lebih dari 20.000 triliun setiap detik (20 petaflop). Itu setara dengan kemampuan tujuh miliar orang yang menghitung tiga juta bilangan per detik. Titan juga memiliki memori sebanyak 700 terabyte.

“Angkanya begitu besar, jadi agak sulit untuk saya menjelaskan. Hal ini tak dapat dibayangkan. 20 petaflop itu berarti angka 20 diikuti dengan 15 angka nol,” ujar Direktur Proyek Fasilitas Komputasi Kepemimpinan ORNL Buddy Bland.

Titan sebenarnya adalah pembaruan dari komputer terbaik dunia keluaran ORNL sebelumnya, Jaguar. Menurut Bland, unit baru ini hampir sama ukurannya dengan Jaguar, namun 10 kali lebih dahsyat. Komponennya mengisi ruangan seluas lapangan basket dengan tinggi 2,5 meter.

Seharga US$100 juta, Titan diharapkan dapat membantu peneliti di banyak bidang. “Titan akan memungkinkan ilmuwan melakukan simulasi sistem fisik yang lebih realistis dan jauh lebih detil,” ujar James Hack, Direktur Pusat Ilmu Komputasi Nasional di ORNL.

“Perbaikan dalam kualitas simulasi akan mempercepat kemajuan dalam beragam bidang riset seperti energi alternatif dan efisiensi energi, identifikasi dan perkembangan materi baru dan berguna, dan kesempatan untuk melakukan proyeksi iklim yang lebih canggih.”

Bland mengatakan, sudah ada keuntungan komersil langsung dari komputer super tersebut. Ia mengatakan, perusahaan BMI Corporation menggunakan Jaguar untuk merancang dan mengembangkan alat kerjang udara untuk truk besar supaya kendaraan itu lebih aerodinamis dan hemat bahan bakar.

Dalam sains dasar, komputer super juga telah membantu ilmuwan menentukan sebab putaran bintant neutron, ujar Bland.

Titan merupakan hasil terakhir dalam kompetisi untuk menghasilkan komputer super tercepat di dunia. Ia diharapkan merebut posisi pertama pada daftar 500 komputer super teratas dari tangan Sequoia, yang mengklaim gelar tersebut Juni lalu.

Tiongkok dan Jepang masing-masing memproduksi komputer-komputer yang ada pada posisi lima besar dalam daftar tersebut.

"Komputer berkinerja tinggi merupakan permainan lompat kodok,” ujar Bland. “Setiap negara di dunia menyadari nilai pentingnya. Sangat penting bagi negara kita untuk bisa bersaing pada teknologi papan atas. Memiliki alat terbaik memungkinkan Anda mendapatkan sains terbaik.”

Bland mengatakan komputer super memiliki masalah teknis yang sama dengan komputer di rumah-rumah. 

“Kami memiliki kepingan yang sama untuk membuat komputer super dengan komputer canggih yang ada di rumah-rumah. Kepingan-kepingan ini bukan dibuat untuk komputer super. Pemrosesnya belum lebih cepat sejak 2002-2003. Hanya jumlahnya saja yang lebih banyak.”

Konsumsi energi juga merupakan tantangan bagi super komputer, namun pihak ORNL mengatakan Titan hanya menggunakan sedikit lebih banyak listrik daripada Jaguar. (VOA/ICH)

sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/10/30/111993/Titan-Komputer-Tercepat-di-Dunia/13
Anda sedang membaca Artikel: Komputer Tercepat di Dunia : Titan
Kontributor: doni septu Jika anda suka artikel ini silakan di sebarkan atau cukup like FunPage kami terima kasih Rating Blog: 5 dari 5

Kode HTML:

Dapatkan Update Via Emile :
(periksa emile anda dan verifikasi)
Hide Comments
Show 4 Comments

  1. Saya mungkin baru mendengat kecepatan komputer yakni titan.

    Tapi belum merasakan sebarapa kencangnya.

    ReplyDelete
  2. Assalaamu'alaikum wr.wb...

    Apabila zaman semakin maju, kepintaran manusia semakin meningkat, akan berlaku kompetensi dalam menghasikan teknologi yang paling canggih.

    Titan salah satu teknologi komputer yang mengkagumkan.
    pasti ada yang berlumba juga untuk memilikinya.

    Siti Fatimah Ahmad
    Sarikei, Sarawak
    Salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam mbk fatimah, teknologi komputer memang tidak ada henti-hentinya membuat inovasi, seperti apa tahun depan kita tidak pernah bisa membayangkan

      Delete

Terimakasih atas kunjungan anda