Apa Benar Susu?
doni septu 17/06/2012 0

Selogan empat sehat lima sempurna sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Nasi + lauk pauk + sayur + buah dan Susu. Tanpa susu maka tidak dikatakan sempurna. Namun apakah sudah benar sempurna? Tergantung apakah susu yang kita minum benar-benar susu. Mari kita diskusikan! 

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat (Wikipedia).

Di beberapa negara, terutama di Eropa, meminum susu telah menjadi kebiasaan yang lumrah dilakukan setiap kali meraka sarapan. Susu berasal dari susu hewan seperti Sapi, Domba, Kambing, Kuda, Keledai, Unta, Ilama, Yak dll. Manfaat susu bagi tubuh begitu banyak beberapa diantaranya adalah dapat mencegah osteoporosis, menurunkan tekanan darah, menetralisir racun terkandung dalam makanan , dan mempercantik kulit dan lain-lain. 

Didalam Al Quran surat An-nahl:66 “dan sesungguhnya bagi kalian di dalam binatang-binatang ternak ada satu pelajaran. Kami memberi kalian minum dari apa yang ada di perutnya diantara kotoran dan darah (berupa) susu yang bersih yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya “ Susu diciptakan untuk menyempurnakan makan manusia dengan sifatnya yang putih, bersih dan halal

Susu segar yang baru di perah mengandung gizi yang sangat beguna bagi anak-anak pada masa pertumbuhan, karena susu mengandung kalsium, fosfor, magnesium, dan protein. Kandungan  penting lainnya dalam susu adalah Vitamin D. Vitamin D dapat membantu menyerap kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi. Meminum susu sejak kecil hingga dewasa akan membatu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis pada usia lanjut. 

Selain mempunyai manfaat segudang, susu juga rentan terhadap bakteri. Susu merupakan media yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan bakteri . Pengolahan susu yang tidak benar justru akan merusak maanfaat susu, butuh sumber daya dan inovasi terbarukan guna mendapatkan susu dengan kualitas tinggi. Tantangan nya adalah bagaimana menghasilkan produk susu sebagai suatu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak. 

Susu yang baik dihasilkan dengan proses yang panjang. Ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan untuk mendaptkan susu yang berkualitas yaitu: Sumber, Distribusi, dan Pengolahan. Sumber susu berasal dari hewan sehat yang dipelihara dengan baik dengan memperhatikan kebersihan, pakan yang seimbang dan perawatan yang memadai. Proses pemerahan yang steril dan waktu pemerahan susu juga diperhatikan guna menjaga kemurnian susu. Distribusi atau penyaluran dari sumber hingga pengolahan adalah bagian dari proses yang tak kalah pentingnya agar sampai di tempat pengolahan dengan kondisi yang sama ketika baru diperah. Tempat pengolahan harus benar-benar steril dari benda asing yang dapat merusak kandungan susu. Setiap orang atau benda yang masuk ketempat pengolahan harus melalui proses sterlisasi, dan yang tidak kalah pentingnya adalah produk susu yang kita minum harus halal. Untuk menjamin itu semua proses sepenuhnya harus di bawah pengawasan ketat MUI sebagai lembaga syariat di Indonesia. 

Proses semacam ini tidak bisa dilakukan tanpa pengalaman dan sumberdaya yang memadai. Butuh waktu dan penelitian yang pajang untuk dapat menghasilkan satu tetes susu yang sama seperti dari sumbernya. Untuk itu sebagai konsumen yang baik harus pintar-pintar memilih susu yang baik agar kita memperoleh maanfaat dari susu tersebut. Jangan sampai kita meminum susu tapi sebenarnya tidak mendapat manfaatnya, lalu apakah susu yang kita minum bener-benar susu atau hanya menyerupai susu?? pikirkan lagi! 

Artikel ini diikut sertakan dalam kontes blog guna memeriahkan Indonesia Halal Expo 2012 (INDHEX 2012)pada tanggal 5 - 8 Juli 2012 di SMESCO Exhibition Hall, BLOGdetik bekerja sama dengan LPPOM MUI dan Frisian Flag menyelenggarakan Kontes Blog dengan hadiah yang spektakuler! Dengan tema Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak

Anda sedang membaca Artikel: Apa Benar Susu?
Kontributor: doni septu Jika anda suka artikel ini silakan di sebarkan atau cukup like FunPage kami terima kasih Rating Blog: 5 dari 5

Kode HTML:

Dapatkan Update Via Emile :
(periksa emile anda dan verifikasi)
Hide Comments
Show 0 Comments

Terimakasih atas kunjungan anda