Cara menghilangkan bau prengus dari daging kambing.
doni septu 24/05/2012 0



Hari raya kurban berlangsung tiap tahun sekali dan banyak dari saudara-saudara kita yang mampu menyisihkan sebagian hartanya untuk berkurban. Dan bagi kaum tidak mampu berkesempatan untuk menikmati daging kurban. Salah satu hewan kurban yang paling banyak di kurban adalah sebangsa embek, di beberapa daerah ada yang menyebutnya wedus,bembek,kambing atau domba.Daging embek ini terkenal dengan bau prengusnya yang berasal dari dalam tubuhnya. Berikut beberpa tips untuk memotong hewan kurban khususnya sebangsa embek.


1. Teknik memotong. "Yang paling penting adalah bagaimana cara menyembelihnya," ujar Chef Haryo. Menurutnya, jika Anda memutuskan untuk menyembelih kambing, jangan gunakan tangan yang sama untuk memotong dan menguliti daging. Bau prengus ini terutama berada di tanduk kambing sehingga jika tangan kiri Anda sudah memegang tanduk dan menguliti kambing, jangan gunakan tangan yang sama untuk memegang bagian dagingnya.


2. Proses aging. Sebelum diolah lebih lanjut, daging ini jangan langsung dimasak karena selain akan menimbulkan bau prengus, juga akan membuat daging kambing terasa lebih alot karena kambing ini disembelih dalam keadaan tegang. Setelah daging dikuliti, sebaiknya gantung kambing utuh ini dengan posisi terbalik kepala di bagian bawah, atau yang biasa disebut sebagai proses aging.

"Proses ini bertujuan menghilangkan sisa darah yang masih ada dalam tubuh kambing," ujarnya. Proses aging ini dilakukan selama sekitar 24 jam. Alternatif lain adalah memasukkannya ke dalam lemari es dengan suhu 4 derajat celsius dan membungkusnya dengan handuk bersih.


3. Minimalkan penggunaan air. Banyak orang yang menyarankan agar tak berbau prengus, daging kambing sebaiknya tidak dicuci. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. "Sebenarnya tidak masalah jika harus dicuci, namun harus segera dikeringkan kembali dengan handuk bersih," ujarnya. Namun, hindarkan seminimal mungkin daging kambing dari air jika belum akan diolah.


4. Tambahkan ketimun. Remas daging kambing yang sudah dipotong-potong bersama dengan irisan ketimun selama beberapa menit. Getah dalam ketimun bisa membuat aroma prengus daging kambing ini benar-benar hilang.


5. Gunakan bumbu dapur. Untuk menghilangkan bau prengus, gunakan campuran beberapa bumbu dapur seperti kunyit, jahe, salam, sereh, dan lengkuas yang sudah dihaluskan ke dalam campuran rebusan. Bumbu-bumbu halus ini diyakini bisa menghilangkan bau prengus ketika daging direbus sampai daging ini empuk.

Sumber gambar : nurdiniamalia.wordpress.com
sumber : kompas.com
Anda sedang membaca Artikel: Cara menghilangkan bau prengus dari daging kambing.
Kontributor: doni septu Jika anda suka artikel ini silakan di sebarkan atau cukup like FunPage kami terima kasih Rating Blog: 5 dari 5

Kode HTML:

Dapatkan Update Via Emile :
(periksa emile anda dan verifikasi)
Hide Comments
Show 0 Comments

Terimakasih atas kunjungan anda