Kesalahan kecil yang terabaikan : Anti Air?Apa Iya?
doni septu 03/03/2012 0

Fotografer: KCM/Ahmad Zamroni
Anti(1) = melawan, menentang, memusuhi (menurut kamus besar bahasa indonesia)
Anti(2) = tidak suka, tidak senang, tidak setuju(menurut kamus besar bahasa indonesia)

Air = cairan jernih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau yg terdapat dan diperlukan dl kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan yg secara kimiawi mengandung hidrogen dan oksigen. (menurut kamus besar bahasa indonesia)

Anti air = tidak suka air, tidak senang air, tidak bisa kena air
Waterproof  (bahasa inggris)= tahan air, kedap air

Kata "anti air" sering sekali kita dengar atau temui dalam tulisan atau artikel baik di surat kabar media cetak maupun elektronik, berita,  internet, dan juga di dalam keterangan suatu produk dll. Kata-kata tersebut sering sekali disama artikan dengan "waterproof" padahal mempunyai arti dan makna yang berbeda. Dari ilustrasi di atas anti air dan waterproof jelas tidak sama.

Kata "anti air" ini sudah terlanjur salah kaprah dan terlanjur meluas dikalangan masyarakat kita, lebih-lebih lagi para penulis  juga sepertinya tidak begitu peduli atau tidak sadar akan kekeliruan tersebut, sehingga semakin menanamkan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat dan terlanjur melekat sehingga menjadi kebiasaan.

Produsen barang-barang terkemuka juga  mengenalkan produk andalannya misalnya produk tersebut tahan air (waterproof) namun dalam promonya maupun keterangnya produknya sering sekali dinyatakan sebagai "anti air", seperti produk jam tangan, handphone, kamera digital, bahkan sepatu boot juga menggunakan kata anti air, bayangkan aja sepatu boot anti air (memusuhi air/tidak suka air) kan lucu.

Satu produk yang tepat menyematkan keterangan anti air adalah kopiah untuk sholat. Di bagian dalamnya terdapat keterangan anti air karena memang tidak bisa kena air karena bisa menyebabkan bulu-bulu halusnya menjadi lepek.







Anda sedang membaca Artikel: Kesalahan kecil yang terabaikan : Anti Air?Apa Iya?
Kontributor: doni septu Jika anda suka artikel ini silakan di sebarkan atau cukup like FunPage kami terima kasih Rating Blog: 5 dari 5

Kode HTML:

Dapatkan Update Via Emile :
(periksa emile anda dan verifikasi)
Hide Comments
Show 0 Comments

Terimakasih atas kunjungan anda